Jumat, 03 Mei 2013

PEMERINTAHAN JEPANG

Berkas:Flag of Japan.svg
Bendera Jepang

Berkas:Japanese Imperial Seal.svg
Segel Kekaisaran


Segel Kantor Perdana Menteri dan Pemerintah Jepang
Segel Pemerintahan


Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku Tentang suara ini dengarkan ) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat CinaKorea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatanOkinawa yang bertetangga dengan Taiwan.
Jepang terdiri dari 6.852 pulau[9] yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah HokkaidoHonshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di duniaTokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefekturTokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada diprefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tanganperdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.
Sebagai negara maju di bidang ekonomi,[10] Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-BangsaG8OECD, danAPEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidupyang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB.[11] Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

Etimologi

Jepang disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Kedua kata ini ditulis dengan huruf kanji yang sama, yaitu 日本 (secara harfiah: asal-muasal matahari). Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepangprangko, dan pertandingan olahraga internasional. Sementara itu, sebutan Nihon digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan sehari-hari.
Kata Nippon dan Nihon berarti "negara/negeri matahari terbit". Nama ini disebut dalamkorespondensi Kekaisaran Jepang dengan Dinasti Sui di Cina, dan merujuk kepada letak Jepang yang berada di sebelah timur daratan Cina. Sebelum Jepang memiliki hubungan dengan Cina, negara ini dikenal sebagai Yamato (大和).[12] Di Cina pada zaman Tiga Negara, sebutan untuk Jepang adalah negara Wa ().
Dalam bahasa Cina dialek Shanghai yang termasuk salah satu dialek Wu, aksara Cina 日本dibaca sebagai Zeppen ([zəʔpən]). Dalam dialek Wu, aksara  secara tidak resmi dibaca sebagai [niʔ] sementara secara resmi dibaca sebagai [zəʔ]. Dalam beberapa dialek Wu Selatan, 日本 dibaca sebagai [niʔpən] yang mirip dengan nama dalam bahasa Jepang.
Kata Jepang dalam bahasa Indonesia kemungkinan berasal dari bahasa Cina, tepatnya bahasa Cina dialek Wu tersebut. Bahasa Melayu kuno juga menyebut negara ini sebagai Jepang(namun ejaan bahasa Malaysia sekarang: Jepun). Kata Jepang dalam bahasa Melayu ini kemudian dibawa ke Dunia Barat oleh pedagang Portugis, yang mengenal sebutan ini ketika berada di Malaka pada abad ke-16. Mereka lah yang pertama kali memperkenalkan nama bahasa Melayu tersebut ke Eropa. Dokumen tertua dalam bahasa Inggris yang menyebut tentang Jepang adalah sepucuk surat dari tahun 1565, yang di dalamnya bertuliskan kata Giapan.

Prefektur dan daerah

Jepang terdiri dari 47 prefektur yang masing-masing diperintah oleh gubernur bersama dewan legislatif daerah. Dari utara ke selatan, prefektur-prefektur ini adalah:

Dalam pembagian wilayah menurut letak geografis, Jepang dibagi menjadi 10 wilayah, yakni:HokkaidoTohokuHokurikuKantoChubuKansai (Kinki), ChugokuShikokuKyushu, danKepulauan Ryukyu.

Hubungan luar negeri dan militer


Kapal pengangkut helikopter kelas Hyuga milik Angkatan Laut Bela Diri Jepang
Jepang memiliki hubungan ekonomi dan militer yang erat dengan Amerika Serikat, dan menjalankankebijakan luar negeri berdasarkan pakta keamanan Jepang-AS.[42] Sejak diterima menjadi anggotaPerserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1956, Jepang telah sepuluh kali menjadi anggota tidak tetapDewan Keamanan PBB, termasuk tahun 2009-2010.[43] Jepang adalah salah satu negara G4 yang sedang mengusulkan perluasan anggota tetap Dewan Keamanan PBB.[44] Sebagai negara anggotaG8APECASEAN Plus 3, dan peserta Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur, Jepang aktif dalam hubungan internasional dan mempererat persahabatan Jepang dengan negara-negara lain di seluruh dunia. Pakta pertahanan dengan Australia ditandatangani pada Maret 2007,[45] dan dengan India pada Oktober 2008.[46] Pada tahun 2007, Jepang adalah negara donor Bantuan Pembangunan Resmi(ODA) terbesar kelima di dunia.[47] Negara penerima bantuan ODA terbesar dari Jepang adalah Indonesia, dengan total bantuan lebih dari AS$29,5 miliar dari tahun 1960 hingga 2006.[48]
Jepang bersengketa dengan Rusia mengenai Kepulauan Kuril[49] dan dengan Korea Selatan mengenai Batu Liancourt[50]Kepulauan Senkaku yang di bawah pemerintahan Jepang dipermasalahkan oleh Republik Rakyat Cina dan Taiwan.[51]
Pasal 9 Konstitusi Jepang berisi penolakan terhadap perang dan penggunaan kekuatan bersenjata untuk menyelesaikan persengketaan internasional. Pasal 9 Ayat 2 berisi pelarangan kepemilikan angkatan bersenjata dan penolakan atas hak keterlibatan dalam perang.[52][53]Jepang memiliki Pasukan Bela Diri yang berada di bawah Kementerian Pertahanan, dan terdiri dari Angkatan Darat Bela Diri Jepang(JGSDF), Angkatan Laut Bela Diri Jepang (JMSDF), dan Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF). Pada tahun 1991, kapal penyapu ranjauAngkatan Laut Bela Diri Jepang ikut membersihkan ranjau laut di Teluk Persia (lepas pantai Kuwait) bersama kapal penyapu ranjau dari delapan negara.[54][55] Atas permintaan Pemerintahan Transisi PBB di Kamboja (1992-1993), Jepang mengirimkan pengamat gencatan senjata, pemantau pemilihan umum, polisi sipil, dan dukungan logistik seperti perbaikan jalan dan jembatan.[56] Di Irak, pasukan nontempur Jepang membantu misi kemanusiaan dan kegiatan rekonstruksi infrastruktur mulai Desember 2003 hingga Februari 2009.

Parlemen

Jepang menganut sistem negara monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Sebagai kepala negara seremonial, kedudukan Kaisar Jepang diatur dalam konstitusi sebagai "simbol negara dan pemersatu rakyat". Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri Jepang dan anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat Jepang.[29] Kaisar Jepang bertindak sebagai kepala negara dalam urusan diplomatik.
Parlemen Jepang adalah parlemen dua kamar yang dibentuk mengikuti sistem Inggris. Parlemen Jepang terdiri dari Majelis Rendah danMajelis Tinggi. Majelis Rendah Jepang terdiri dari 480 anggota dewan. Anggota majelis rendah dipilih secara langsung oleh rakyat setiap 4 tahun sekali atau setelah majelis rendah dibubarkan. Majelis Tinggi Jepang terdiri dari 242 anggota dewan yang memiliki masa jabatan 6 tahun, dan dipilih langsung oleh rakyat. Warganegara Jepang berusia 20 tahun ke atas memiliki hak untuk memilih.[10]
Kabinet Jepang beranggotakan Perdana Menteri dan para menteri. Perdana Menteri adalah salah seorang anggota parlemen dari partai mayoritas di Majelis Rendah. Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa di Jepang sejak 1955, kecuali pada tahun 1993. Pada tahun itu terbentuk pemerintahan koalisi yang hanya berumur singkat dengan partai oposisi. Partai oposisi terbesar di Jepang adalah Partai Demokratik Jepang.[30]
Perdana Menteri Jepang adalah kepala pemerintahan. Perdana Menteri diangkat melalui pemilihan di antara anggota Parlemen.[31] Bila Majelis Rendah dan Majelis Tinggi masing-masing memiliki calon perdana menteri, maka calon dari Majelis Rendah yang diutamakan. Pada praktiknya, perdana menteri berasal dari partai mayoritas di parlemen. Menteri-menteri kabinet diangkat oleh Perdana Menteri. Kaisar Jepang mengangkat Perdana Menteri berdasarkan keputusan Parlemen Jepang[32], dan memberi persetujuan atas pengangkatan menteri-menteri kabinet.[33] Perdana Menteri memerlukan dukungan dan kepercayaan dari anggota Majelis Rendah untuk bertahan sebagai Perdana Menteri.

[sunting]
Keluarga kekaisaran

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko (tampak tengah), serta Pangeran Naruhito dan istri (di sebelah kanan).
Kaisar Akihito adalah Kaisar Jepang yang sekarang. Kaisar Akihito naik takhta sebagai kaisar ke-125 setelah ayahandanya, Kaisar Hirohito mangkat pada 7 Januari 1989. Upacara kenaikan tahta Kaisar Akihito dilangsungkan pada 12 November 1990.[34] Putra Mahkota Naruhito, menikah dengan Putri Mahkota Masako yang berasal dari kalangan rakyat biasa, dan dikaruniai anak perempuan bernama Aiko (Putri Toshi). Adik dari Putra Mahkota Naruhito bernama Pangeran Akishino, menikah dengan Kiko Kawashima yang juga berasal dari rakyat biasa. Pangeran Akishino memiliki dua anak perempuan (Putri Mako dan Putri Kako), serta anak laki-laki bernamaPangeran Hisahito.

Zaman Modern

Kekaisaran Jepang terdiri dari sebagian besar Asia Timur dan Tenggara pada tahun 1942.
Pada 31 Maret 1854, kedatangan Komodor Matthew Perry dan "Kapal HitamAngkatan Laut Amerika Serikat memaksa Jepang untuk membuka diri terhadap Dunia Barat melaluiPersetujuan Kanagawa. Persetujuan-persetujuan selanjutnya dengan negara-negara Barat pada masa Bakumatsu membawa Jepang ke dalam krisis ekonomi dan politik. Kalangan samurai menganggap Keshogunan Tokugawa sudah melemah, dan mengadakan pemberontakan hingga pecah Perang Boshin tahun 1867-1868. Setelah Keshogunan Tokugawa ditumbangkan, kekuasaan dikembalikan ke tangan kaisar (Restorasi Meiji) dansistem domain dihapus. Semasa Restorasi Meiji, Jepang mengadopsi sistem politik, hukum, dan militer dari Dunia Barat. Kabinet Jepang mengatur Dewan Penasihat Kaisar, menyusunKonstitusi Meiji, dan membentuk Parlemen Kekaisaran. Restorasi Meiji mengubah Kekaisaran Jepang menjadi negara industri modern dan sekaligus kekuatan militer dunia yang menimbulkan konflik militer ketika berusaha memperluas pengaruh teritorial di Asia. Setelah mengalahkan Cina dalam Perang Sino-Jepang dan Rusia dalam Perang Rusia-Jepang, Jepang menguasai Taiwan, separuh dari Sakhalin, dan Korea.[22]
Pada awal abad ke-20, Jepang mengalami "demokrasi Taisho" yang dibayang-bayangi bangkitnya ekspansionisme dan militerisme Jepang. Semasa Perang Dunia I, Jepang berada di pihak Sekutu yang menang, sehingga Jepang dapat memperluas pengaruh dan wilayah kekuasaan. Jepang terus menjalankan politik ekspansionis dengan menduduki Manchuria pada tahun 1931. Dua tahun kemudian, Jepang keluar dari Liga Bangsa-Bangsa setelah mendapat kecaman internasional atas pendudukan Manchuria. Pada tahun 1936, Jepang menandatangani Pakta Anti-Komintern dengan Jerman Nazi, dan bergabung bergabung bersama Jerman dan Italia membentuk Blok Porospada tahun 1941[23]
Pada tahun 1937, invasi Jepang ke Manchuria memicu terjadinya Perang Sino-Jepang Kedua (1937-1945) yang membuat Jepang dikenakan embargo minyak oleh Amerika Serikat[24] Pada 7 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, dan menyatakan perang terhadap Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda. Serangan Pearl Harbor menyeret AS ke dalam Perang Dunia II. Setelah kampanye militer yang panjang di Samudra Pasifik, Jepang kehilangan wilayah-wilayah yang dimilikinya pada awal perang. Amerika Serikat melakukan pengeboman strategis terhadap TokyoOsaka dan kota-kota besar lainnya. Setelah AS menjatuhkan bom atomdi Hiroshima dan Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945 (Hari Kemenangan atas Jepang).[25]
Perang membawa penderitaan bagi rakyat Jepang dan rakyat di wilayah jajahan Jepang. Berjuta-juta orang tewas di negara-negara Asia yang diduduki Jepang di bawah slogan Kemakmuran Bersama Asia. Hampir semua industri dan infrastruktur di Jepang hancur akibat perang. Pihak Sekutu melakukan repatriasi besar-besaran etnik Jepang dari negara-negara Asia yang pernah diduduki Jepang.[26] Pengadilan Militer Internasional untuk Timur Jauh yang diselenggarakan pihak Sekutu mulai 3 Mei 1946 berakhir dengan dijatuhkannya hukuman bagi sejumlah pemimpin Jepang yang terbukti bersalah melakukan kejahatan perang.
Pencakar langit di ShinjukuTokyo
Pada tahun 1947, Jepang memberlakukan Konstitusi Jepang yang baru. Berdasarkan konstitusi baru, Jepang ditetapkan sebagai negara yang menganut paham pasifisme dan mengutamakan praktik demokrasi liberal. Pendudukan AS terhadap Jepang secara resmi berakhir pada tahun 1952 dengan ditandatanganinya Perjanjian San Francisco.[27] Walaupun demikian, pasukan AS tetap mempertahankan pangkalan-pangkalan penting di Jepang, khususnya di OkinawaPerserikatan Bangsa-Bangsa secara secara resmi menerima Jepang sebagai anggota pada tahun 1956.
Seusai Perang Dunia II, Jepang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, dan menempatkan Jepang sebagai kekuatan ekonomi terbesar nomor dua di dunia, dengan rata-rata pertumbuhan produk domestik bruto sebesar 10% per tahun selama empat dekade. Pesatnya pertumbuhan ekonomi Jepang berakhir pada awal tahun 1990-an setelah jatuhnyaekonomi gelembung.[28]

Daftar Menteri Luar Negeri Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menteri Luar Negeri (外務大臣 Gaimu daijin?) Jepang adalah menteri anggota Kabinet Jepang yang bertanggung jawab untuk urusan luar negeri dan pemimpin Kementerian Luar Negeri.
Pejabat Menteri Luar Negeri Jepang yang sekarang adalah Hirofumi Nakasone.

Daftar menteri


Daftar Menteri Keuangan Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menteri Keuangan (財務大臣, Zaimu Daijin) adalah bagian dari Kabinet Jepang untuk pimpinan Kementrian Keuangan Jepang.

[sunting]Daftar Menteri Keuangan sejak 1945


    LEBIH LENGKAPNYA TENTANG PERDANA MENTERI JEPANG SILAHKAN :

    LEBIH LENGKAPNYA TENTANG KAISAR JEPANG SILAHKAN :

    LEBIH LENGKAPNYA TENTANG KABINET PEMERINTAHAN JEPANG SILAHKAN :



      SISTEM PEMERINTAHAN JEPANG


      Video Kekaisaran Monarki Jepang
      Video tentang kaisar jepang dan kehidupan pribadinya
      (indahf/Carapedia)
      Pencarian Terbaru (100)
      Sistem pemerintahan jepang. Bentuk negara jepang. Sistem pemerintahan negara jepang. Bentuk pemerintahan jepang. Sistem pemerintahan di jepang. Pemerintahan jepang. Pemerintahan negara jepang.
      Bentuk pemerintahan negara jepang. Sistem pemerintahan di negara jepang. Sistim pemerintahan jepang. Negara jepang. Hukum jepang. Sistem hukum jepang. Sistem pemerintahan jepang sekarang.
      Sistem pemerintahan jepang di indonesia. Sistem politik jepang. Sistem pemerintahan parlementer di jepang. Kepala pemerintahan jepang. Jepang. Ciri ciri sistem pemerintahan jepang. Sistem pemerintah jepang.
      Politik negara jepang. Bentuk sistem pemerintahan jepang. Struktur pemerintahan jepang. Politik jepang. Pemerintahan di jepang. Hukum di jepang. Sistem hukum di jepang.
      Kepala negara jepang. Bentuk negara jepang adalah. Sistem pemerintahan negara maju. Artikel sistem pemerintahan jepang. Sistem politik negara jepang. Sistem pemerintahanjepang. Bentuk pemerintahan di jepang.
      Bentuk pemerintah jepang. Ciri ciri pemerintahan jepang. Sitem pemerintahan jepang. Lembaga eksekutif jepang. Sejarah sistem pemerintahan jepang. Sistem%20pemerintahan%20jepang. Bentuk pemerintahan jepang adalah.
      Legislatif jepang. Sistem pemerintahan negara di asia. Jenis pemerintahan jepang. Sistem pemerintahan parlementer negara jepang. Politik di jepang. Negara jepang sebagai negara maju. Sistem negara jepang.
      Yudikatif jepang. Sistem hukum negara jepang. Sistem pemrintahan jepang. Sistem politik di jepang. Sistem pemerintahan dijepang. Sisitem pemerintahan jepang. Sistem pemerintaha jepang.
      Badan eksekutif jepang. Sistem pemerintahan di negara asia. Jepang dan sistem pemerintahannya. Politik di negara jepang. Sistem pemerintahan presidensial jepang. Sistempemerintahanjepang. Politik pemerintahan jepang.
      Sistem pmerintahan jepang. Bentuk dan sistem pemerintahan jepang. Jepang sistem pemerintahan. Hukum negara jepang. Sistem peradilan di jepang. Bentuk pemerintah negara jepang. Susunan pemerintahan jepang.
      Sistem politik dan pemerintahan jepang. Presidensial jepang. Karakteristik sistem pemerintahan jepang. Jabatan kepala negara jepang. Keadaan pemerintahan jepang. Kekuasaan eksekutif di jepang. Ciri ciri pemerintahan negara jepang.
      Sistempemerintahan jepang. Sistem pemerintahan presidensial di jepang. Kekuasaan legislatif jepang. Bentuk bentuk pemerintahan jepang. Bentuk negara dan sistem pemerintahan negara jepang. Badan legislatif jepang. Sistem pemerintahan negara japan.
      Ciri ciri sistem pemerintahan negara jepang. Sistem pemerintahan japan. Bentuk negara dan pemerintahan jepang. Ciri sistem pemerintahan jepang. Sistem perintahan jepang. Badan yudikatif jepang. Bagaimana sistem pemerintahan di jepang.
      Sistem pemerintahan jepang jepang. Pemerintah jepang. Artikel pemerintahan jepang. Contoh gambar sistem pemerintahan jepang. Apa sistem pemerintahan jepang. Hukum di negara jepang. Bagaimana sistem pemerintahan jepang.
      Bentuk bentuk negara jepang. Ciri pemerintahan jepang.
      Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad 
      ke-7 SM. Jepang merupakan sebuah negara yang paling disegani di wilayah Asia karena 
      memiliki tekhnologi yang jauh lebih maju dibandng dengan negara-negara di sekitarnya. 
      Di Jepang terdapat 47 pemerintah daerah tingkat prefektur (setingkat provinsi) dan memiliki 
      lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat bawah. Para kepala pemerintah daerah 
      tersebut dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan.

      Bentuk negara Jepang sendiri adalah sebuah negara yang monarki konstitusional yang 
      sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Mengenai sistem pemerintahan, Jepang 
      menjalankan sistem pemerintahan parlementer, sama seperti yang dijalankan di Negara 
      Inggris dan Kanada. Sejak tahun 1947 di Jepang mulai berlaku sebuah konstitusi atau Udang
      -Undang Dasar yang didasarkan pada tiga prinsip, yaitu : kedaulatan rakyat, hormat terhadap 
      hak - hak asasi manusia, dan penolakan perang. Di dalam konstitusi ini juga menetapkan 
      tentang tiga kemandirian badan pemerintah yang 
      terdiri dari :

      * Badan Legislatif
      biasa disebut Diet atau parlemen
      * Badan Eksekutif
      terdiri dari anggota kabinet
      * Badan Yudikatif
      berfungsi sebagai pengadilan hukum

      Di Jepang, jabatan kepala negara ada di tangan Kaisar. Walaupun demikian, fungsi Kaisar 
      sebagai kepala negara hanyalah sebagai seremonial belaka. Karena kedudukan Kaisar 
      sendiri diatur dalam Undang-Undang Dasar sebagai simbol dan pemersatu rakyat. 
      Sehingga Kaisar Jepang hanya bertindak sebagai kepala negara yang mengurusi segala 
      urusan yang berhubungan dengan diplomatik. Sedangkan untuk jabatan kepala 
      pemerintahan ada di tangan perdana menteri.

      Diet sebagai badan tertinggi dari kekuasaan negara juga berfungsi sebagai pembuat undang
      -undang. Anggota Diet terdiri dari Majelis Rendah dengan 480 anggota dan Majelis Tinggi 
      dengan 242 anggota. Para anggota Diet akan memilih Perdana Menteri dari kalangan mereka 
      sendiri. Kemudian Perdana Menteri terpilih akan membentuk kabinet. Kabinet akan bertugas 
      dibawah kepemimpinan Perdana 
      Menteri, tetapi kabinet dalam mejalankan tugasnya akan bertanggung-jawab kepada Diet.

      Kewenangan Yudikatif ada di tangan Mahkamah Agung serta pengadilan-pengadilan yang 
      lebih rendah. Di Jepang, pengadilan-pengadilan yang mengurusi masalah hukum terdiri 
      dari: Pengadilan Tinggi Pengadilan Distrik, dan Pengadilan Sumir (menangani kasus ringan, 
      seperti pelanggaran lalu lintas). Mahkamah Agusng sendiri terdiri dari Ketua Mahkamah 
      Agung dan 14 hakim lainnya. Ketua Mahkamah Agung dan semua anggotanya ditunjuk oleh 
      kabinet.

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar